Cara Mengatasi Telinga Berdengung


Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Cara Mengatasi Telinga Berdengung – Telinga merupakan bagian organ penting dalam melakukan komunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Seseorang yang mengalami gangguan pada telinga akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi, organ penting ini sangat baik jika kita dapat menjaga kesehatannya, pasalnya ada beberapa hal yang dapat mengganggu kesehatan organ ini sehingga mengganggu proses komunikasi atau penyampaian informasi dari lawan komunikasi kita. Adanya masalah yang di alami pada organ ini berupa tuli atau dengungan pada telinga. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan telinga kita terganggu antara lain adanya tekanan udara yang berbeda pada telinga bagian dalam dan luar, suara yang terlalu keras atau kebisingan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut ada beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam masalah telinga yang berdengung. Telinga berdengung dapat disebabkan faktor yang telah disebabkan, berikut adalah cara dalam mengatasinya :

Cara Mengatasi Telinga Berdengung – Meniup Telinga

Melakukan tiupan pada lubang telinga guna mendapatkan tekanan udara yang sama, akan tetapi dalam melakukan tips ini sebaiknya anda lakukan dengan hati hati dan perlahan karena jika terlalu keras akan dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan telinga yang lain. Adanya perbedaan tekanan dapat menyebabkan suara pada bagian dalam, karena adanya gesekan udara yang berbeda tekanan, seperti halnya jika kita meniupkan udara kedalam botol karena adanya perbedaan tekanan maka akan menghasilkan suara pada bagian dalam botol.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung – Membersihkan Telinga

Membersihkan telinga merupakan jalan yang dapat dilakukan untuk mengurangi perbedaan tekanan udara pada bagian dalam telinga dan luar telinga. Akibat kotoran yang telalu banyak pada bagian dalam telinga hal ini mengakibatkan udara tidak dapat keluar masuk dengan baik, akhirnya tekanan udara akan menjadi beda karena sirkulasi yang terganggu. Hal demikian dapat anda lakukan dengan rutin membersihkan agar udara yang keluar dan masuk memiliki tekanan yang sama sehingga beberapa permasalahan yang timbul akibat kotoran dapat teratasi dengan baik, akan tetapi dalam membersihkan bagian dalam telinga lakukan dengan hati hati dan alat yang tidak telalu tajam agar organ bagian dalam telinga tidak luka dan tetap tejaga kesehatannya.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung –  Hindari Mendengarkan Musik Keras

Music merupakan hal yang telah biasa kita dengarkan, beberapa music memiliki aliran sendiri. Suara yang terlalu keras masuk kedalam telinga akan menyebabkan beberapa permasalahan sehingga kita harus menyikapinya dengan baik dalam mendengarkan music. Suara music yang terlalu keras akan membuat gendang telinga kaget dan penggunaan earphone yang kita lakukan pun harus di control dengan baik agar kesehatan telinga tetap terjaga. Penggunaan earphone atau mendengarkan music yang terlalu keras dapat menyebabkan tuli, hindari mendengarkan music terlalu dekat dengan sumber suara terlebih suara yang dihasilkan sangat keras.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung –  Cukup Istirahat

Faktor ini tak kalah penting, istirahat merupakan salah satu cara untuk menyegarkan tubuh kembali fit dalam beraktifitas. Selain itu istirahat dapat menyehatkan organ dalam bagian telinga. Organ bagian dalam ini membutuhkan istirahat yang cukup agar otot otot bagian dalam dapat relaksasi dengan baik dari ketegangan yang biasa kita lakukan. Saat organ bagian dalam telinga istirahat dengan baik hal ini akan memberikan respon pada otak dan tubuh lainnya karena dengan demikian tubuh pun akan menjadi rileks dari ketegangan aktifitas yang telah dilakukan.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung –  Hindari Salah Posisi Saat Tidur

Posisi tidur dapat menyebabkan organ dalam telinga terganggu, selain itu posisi tidur akan menyebabkan perbedaan tekanan udara di dalam telinga. Saat melakukan posisi tidur yang tidak baik maka telinga akan mengalami perbedaan tekanan, biasanya hal ini dilakukan saat anda tidur dengan posisi miring tanpa memperhatikan bagian telinga, posisi ini akan menyebabkan telinga tertutup bantal atau tangan sehingga udara tidak dapat mengalir dengan baik. Saat hal demikian terjadi maka saat bangun pada umumnya akan mengalami telinga berdengung karena perbedaan tekanan pada udara bagian dalam dan luar telinga.
Penting :
Beberapa hal yang telah disebutkan harus diperhatikan dengan baik, karena ini akan menyebabkan kerusakaan pada organ bagian dalam telinga. Jika anda mengalami telinga yang terus berdengung dan telah mencoba mengatasinya tetap tidak berhasil sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis THT yang anda ketahui agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.



Komentar

Most View Product

Baju Jaket Perempuan Murah T1LBB20989345

Jaket Wanita Panjang 100% Polyfiber Imported HJ MT MOSSGREEN XXL

Seri Jaket Panjang Hijab Premium Fleece HJ CF RUBY